Friday 22 February 2013

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Manfaat daun kemangi dengan sifat khas diaforetikum (wangi dan korigens bau) kemangi berkhasiat mengobati demam, pilek dan memperbanyak produksi ASI. Bijinya berkhasiat mengobati Gonorhea. Getah daunnya berkhasiat mengobati radang telinga tengah. Manfaat daun kemangi sebagai penenang sarafdan obat rematik.
Kandungan daun kemangi
Kandungan kimia dan efek farmakologis: Tumbuhan ini kaya akan kandungan kimia seperti minyak asiriyang mengandung osinema, farnasena, sineol, felandrena, sedrena, bargamotena,amorsenaburnesena, kadinena, kopaena, kubebena,pinena, ter-pinena, santralena, sitral, dan kariofilena.Senyawa lain yaitu anetol, apigenin, asam diskorbat, asam kafeat, eskuletin, eriodiktiol, eskulin, estragal, faenesol, histidin, magnesium, rutin,tanin,B-carotene, dan B-sitosterol.
Berbagai macam manfaat daun kemangi
Tumbuhan ini bersifat agak manis, dingin, harum, menyegarkan, dan menghilangkan bau badan, sertabau mulut. 1,8 sineol terdapat pada seluruh bagian tanaman berfungsi sebagai anestesi, membantu mengatasi ED, antikholinesterase, perangsang aktivitas saraf pusat, melebarkan pembuluh darah kapile, dan penguat hati. Anetholmerangsang hormon estrogen, merangsang faktor kekebalan tubuh, dan merangsang produksi ASI.
manfaat daun kemangi dan khasiatnya
Khasiat daun kemangi
Apigenin melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi, menekan saraf pusat, dan relaksasi otot polos. Boron merangsang keluarnya hormon androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang.Arginine di daun berkhasiat memperkuat daya tahan hidup Mr. S, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, dan diuretik. Asam aspartat yang juga ditemukan didaun berguna merangsang sarafdan analeptik.
Perbanyakan tanaman: Menggunakan biji. Pemeliharaannya cukup mudah. Berikan cukup air dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Selain itu, tanaman menghendaki tempat yang sedikit rerlindung.
Bagian yang digunakan dan manfaat daun kemangi: Seluruh bagian dapat untuk pengobatan dalam keadaan segar atau kering. daun kemangi biasa dimakan sebagai lalap. Tanaman ini berkhasiat mengatasi bau badan, bau keringat, bau mulut, badan lesu, dan ED, serta menyembuhkan panas dalam dan sariawan. Manfaat daun kemangi juga digunakan sebagaipeluruh gas perut, peluruh haid, dan peluruh produksi ASI berlebih. Ketahui juga tentang manfaat daun salam untuk kesehatan

http://www.manfaatalam.com/manfaat-daun-kemangi-dan-khasiatnya.html

No comments:

Post a Comment